Logo Saibumi

TROL Sebar Virus Gowes di Lampung

TROL Sebar Virus Gowes di Lampung

Foto: Ist.

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Hobi bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan serta aman dilakukan. Dengan bersepeda, lebih cepat menyempurnakan metabolisme tubuh serta meningkatkan kualitas kebugaran tubuh.

Ketua TROL, Eric S Candra menjelaskan, bersepeda salah satu olahraga yang aman dilakukan di usia 40 tahun keatas. Selain menyehatkan paru-paru dan jantung, aktivitas menggowes juga terbukti memberikan efek bahagia, karena hormon endorfin pada tubuh langsung bereaksi setelah satu jam bersepeda.

Oleh karena itu, Team Road Bike Lampung (TROL) akan semakin gencar menularkan virus bersepeda di masyarakat. Sehingga tidak hanya sekedar menorehkan prestasi untuk Lampung, komunitas yang dibentuk 21 Oktober 2013 itu hadir untuk mensosialisasikan kegiatan psoitif.

"TROL, salah satu komunitas sepeda di Lampung menjadi sebuah wahana dalam menyebarkan virus bersepeda. Kali ini Trol akan membudayakan kepada anak-anak sekolah," kata Eric kepada Saibumi.com, Rabu 4 Mei 2020.

Ia menjelaskan, kebanyakan anggota TROL saat ini menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Lampung. Sehingga kita akan terus mencari generasi-generasi baru, dan memasyarakatkan budaya bersepeda.

"Selain menjaring bibit atlet baru, bersepeda merupakan kegiatan positif bagi remaja yang membantu tubuh menjadi lebih bugar," terangnya.

Untuk tetap menjaga stamina, ujar Eric, setiap hari TROL memiliki rutinitas gowes bareng mulai dari pukul 5.15 WIB berkumpul di Tugu Adipura, dengan finish sekitar 6.30 WIB di beberapa warung kopi di Bandar Lampung

"Jam 7 pagi kita sudah aktifitas masing-masing, sehingga tidak mengangu waktu bekerja. Jadwal ini cukup untuk meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan kekuatan fisik kita," ucapnya.

Namun khusus weekend, hari Sabtu dan Minggu, TROL memiliki jadwal gowes minimal 100 km, atau dengan jarak tempuh 4-5 jam. Dan rute antar kota dan kabupaten di Lampung.

"Rutenya itu, Bandar Lampung - Metro, Bandar Lampung - Gisting, ini terhitung pulang pergi. Loop Padang Cermin-
- Tataan, Loop Bandar Lampung - Metro - Lampung Timur - Bandar Lampung. Yang paling jauh pernah turing gowes ke Bandar Lampung-Palembang sejauh 400 km," jelasnya.

Saat ini, tercatat ada 90 member TROL yang  merupakan para atlet pesepeda, dan beberapa diantaranya selalu menorehkan prestasi di kancah nasional hingga internasional.

"Beberapa kali ada even skala nasional kita eksis, yang terakhir kemarin di even GFNY (Grand Fondo New York) yang digelar di Bali pada Februari 2020  kita meraih juara III Kategori komunitas. Dan beberapa juara I KU 55 Up, juara III KU 45-50, Juara III KU Under 30," paparnya.

Eric menambahkan, dalam waktu dekat TROL juga akan akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti even  L'Etape Indonesia, di Lombok dan Bromo KOM yang mengambil start di Surabaya. (*)

Laporan Reporter Saibumi.com, Siska Purnama Sari.

BACA JUGA: Bupati Lamteng Buka Acara Gowes Bareng

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA