Logo Saibumi

Fakultas Pertanian Unila Kunjungi Sarang Petarung Harimau, Danbrigif Perlihatkan Program Ketahanan Pangan

Fakultas Pertanian Unila Kunjungi Sarang Petarung Harimau, Danbrigif Perlihatkan Program Ketahanan Pangan

Danbrigif 4 Mar/BS Kolonel Marinir Nawawi menunjukkan hasil budidaya ikan menggunakan metode bioflog ke dekan dan dosen Unila di Batalyon 7 Marinir, Pesawaran, Kamis 16 Juli 2020. (FOTO: El Shinta/Saibumi.com)

Saibumi.com (SMSI) Pesawaran - Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi menerima kunjungan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) di Markas Komando Brigade Infanteri 4 Marinir/BS, Kamis 17 Juli 2020.

Kegiatan kunjungan Fakultas Pertanian Unila ini untuk meninjau langsung lahan ketahanan pangan yang dimiliki Brigif 4 Mar/BS.

Kegiatan yang diawali dengan meninjau Keramba Jaring Apung (KJA) di Pantai Lembing binaan Kimabrigif 4 Mar/BS. Kemudian rombongan bergeser menuju Yonif 7 Marinir menggunakan sea rider untuk meninjau kolam bioflog agar mengetahui bagaimana cara metode budidaya Udang Vaname dan ikan air tawar. Di sana Danbrigrif dan para dosen berdiskusi tentang keuntungan serta kerugian membudidayakan ikan dan udang dengan metode kolam bioflog.

Setelah itu rombongan, bergeser menuju lahan ketahanan pangan Yonif 9 Marinir untuk melihat lahan pertanian seperti sayur-sayuran, perkebunan, serta kolam ikan lele dan nila.

Danbrigif 4 Mar/BS, Kolonel Marinir Nawawi menerangkan, beberapa program ketahanan pangan yang ada di jajaran Brigif 4 Marinir/BS dan nantinya ada keuntungan kerja sama yang bisa diambil oleh kedua belah pihak.

“Setelah berkunjung ke Unila, kami ditawari untuk mengembangkan peternakan dengan mengalokasikan 20 ekor sapi dan sekitar 100 kambing. Lahan sawah 15 hektar akan dikembangkan menjadi 50 hektar,” ujar Kolonel Marinir Nawawi.

Selain itu, Danbrigif 4 Mar/BS juga menyampaikan bahwa kerjasama kedepannya tak hanya mencakup ketahanan pangan pertanian dan peternakan, tapi juga bidang pendidikan.

“Kami harap silaturahmi ini kedepannya bisa untuk bina mental dan fisik mahasiswa baru yang mendaftar di Unila. Mudah-mudahan ada keuntungan kedua belah pihak,” pungkasnya.

Sementara Dekan Fakultas Pertanian Unila,  Irwan Sukri Banua sangat mengapresiasi program ketahanan pangan yang ada di jajaran Brigif 4 Mar/BS.

“Pengelolaan tanaman dan peternakan nantinya akan kami bantu. Nanti coba hibrida, teman-teman pusat sangat mengapresiasi program ini,” ujarnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com El Shinta

BACA JUGA: Yonif 7 Marinir Gelar Seleksi Menembak Laras Panjang dan Pistol



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong