Logo Saibumi

Disdukcapil Gelar Sosialisasi Kebijakan bagi ASN dan Masyarakat

Disdukcapil Gelar Sosialisasi Kebijakan bagi ASN dan Masyarakat

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung menggelar Sosialisasi Kebijakan Disdukcapil bagi Aparatur Pemerintah dan Masyarakat, di Aula Semergou, Selasa 28 Juli 2020.

Kegiatan tersebut, tertuang dalam Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 yang tertuang formulir dan buku yang digunakan untuk Penerbitan Dokumen Administrasi Kependudukan Tahun 2020.

Walikota Bandar Lampung Herman HN membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya walikota berpesan kepada seluruh staf Disdukcapil agar mampu menyediakan semua dokumen kependudukan bagi seluruh masyarakat Bandar Lampung dengan cepat, mudah, gratis, teliti dan akurat.

“Saya minta semua camat, lurah untuk cek kelapanagan, turun langsung. Harus cepat diproses dengan baik, saya ingin pendataan dikota Bandar Lampung ini lebih baik, lebih cepat, lebih teliti dan lebih akurat,” ujar Herman HN.

Terlebih, data adanya kematian dan kelahiran yang terjadi pada keluarga yang berdomisili di Bandar Lampung. Maksimal dilakukan setiap dua tahun sekali.

“Yang sudah meninggal, cepet diperbaharui di Kartu Kerluarga (KK). Dan yang baru lahir, cepat didata dalam pencatatan sipil dengan akurat. Dua tahun sekali tidak apa apa," ungkapnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Bandar Lampung, A.Zainuddin menjelaskan terkait kesiapan Kota Bandarlampung dalam melaksaan pendataan tersebut. Kegiatan sudah mulai terselenggara sejak 1 Juli 2020, berupa pergantian buku atau blanko atau perbaikan dari perubahan dari dokumen.

"Sudah disiapkan percetakan dengan warna tertentu dengan hologram, saat ini masih memakai kertas putih polos 80 gram dengan ukuran A4 artinya bisa dikerjakan kapan saja, dengan pengamanan pada barkode dan TTE (Tanda Tangan Elektronik)," ucap Zainuddin.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan perintah langsung Walikota  Bandar Lampung Herman HN, yang bertujuan validasi isi dari KK.

"Yang tadinya mungkin sudah meninggal belum divalidasi, bisa langsung divalidasi melalui camat dan lurah, yang belum menikah dan sekarang sudah kita akan pecah KK-nya nanti kita akan beri tahu caranya," pungkasnya.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Eva Suryani

BACA JUGA: Nunik Hadiri Apel Akbar Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA