Logo Saibumi

Penyembelihan Hewan Kurban Harus jaga Protokol Kesehatan

Penyembelihan Hewan Kurban Harus jaga Protokol Kesehatan

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Selain harus memenuhi persyaratan dalam pemilihan hewan kurban yang baik, dalam situsi ini Wali Kota Bandar Lampung Herman HN meminta petugas menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

Dikatakan Herman HN, dirinya tidak membatasi masyarakat yang ingin memeriahkan hari raya Ied ditengah pandemi. Namun harus tetap menjaga jarak, tidak bersentuhan dan selalu menjaga kebersihan diri.

"Saya imbau pada semua yang memotong hewan kurban laksanakanlah protokol kesehatan, seperti memakai sarung tangan, mencuci tangan, pakai masker. Supaya bersih semua," kata Herman HN, Selasa 14 Juli 2020.

Wali Kota dua periode ini meminta Dinas Pertanian bidang kesehatan hewan terus mengecek kesterilan dan fisik dari hewan tersebut agar kesehatan hewan dapat terjaga hingga proses penyembelihan.

"Kambing, sapi, semuanya harus steril. Termasuk juga plastiknya harus dicek lagi, harus bersih," tegasnya.

Pemerintah Kota Bandar Lampung juga akan melakukan kurban dan akan diserahkan pada Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) setempat dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

"Kita tetap berkurban seperti biasa. Kalau hewan kurban dari pemkot biasanya di Baznas sama Korpri saja," pungkasnya.

Berdasarkan aturan dalam Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di rumah potong hewan (RPH) maupun di luar RPH.

 

Laporan Reporter Saibumi.com Siska Purnama Sari

BACA JUGA: Penanganan Covid-19, Disperindag Lampung Gelar Operasi Pasar Bersubsidi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA