Logo Saibumi

Dalih untuk Keperluan Sekolah, Kepsek SMAN I Kota Agung Cairkan Dana BOS

Dalih untuk Keperluan Sekolah, Kepsek SMAN I Kota Agung Cairkan Dana BOS

Saibumi.com (SMSI) Tanggamus - Berdalih untuk keperluan sekolah, Kepala Sekolah SMAN I Kota Agung, Kabupaten Tanggamus cairkan dana BOS Afirmasi dan Kinerja sebesar Rp 100 juta untuk bayar gaji guru honorer, satpam, dan Office Boy (OB).

Dikatakan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Agung, Sudirman, bahwa melalui kepala sekolah yang lama, menerima dana tersebut tahun 2019 lalu dan ditransfer ke rekening sekolah senilai Rp 649 juta, bertujuan untuk membantu kegiatan operasional sekolah.

BACA JUGA: Teknokrat Gelar Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK

"Laporan yang kami terima, kalau dana afirmasi kinerja SMAN 1 Kota agung ini tahun 2019. Namun, itu karena belum bisa digunakan, menunggu petunjuk teknis dari banggar provinsi, menjadi silpa di SMAN 1 Kota Agung," katanya, Kamis 17 September 2020.

Namun, sebelum diterbitkannya pengesahan anggaran oleh Banggar Provinsi, dana tersebut  pernah dicairkan untuk membayar tunggakan gaji honorer, satpam dan office boy (OB) sebesar Rp 100 juta.

"Karena wali murid yang menitipkan anaknya sekolah disini ada kendala, belum bisa menyumbangkan biaya pendidikannya, karena suatu hal, sehingga tim manajemen sekolah waktu itu memutuskan untuk meminjam, untuk menalangi penggajian untuk guru TKS, honorer, satpam, OB dan sebagainya," terangnya.

Sudirman melanjutkan, bahwa dana afirmasi kenerja yang dipinjam tersebut tidak dalam waktu yang lama. Setelah dana sumbangan wajid dari wali murid telah terkumpul, dana pinjaman dikembalikan ke rekening sekolah.

"Kalau pengembaliannya itu, kalau saya dengar kemarin diperkirakan bulan dua dan bulan tiga penyicilannya, sudah dikembalikan," jelasnya Sudirman.

Disinggung apakah dana tersebut dapat dipakai dengan cara dipinjam setelah disilpakan, Sudirman mengakatan jika hal itu dapat dilakukan selama digunakan untuk penanggulangan dan segera dikembalikan.

"Kalo dipakai, ya karena itu dana sekolah artinya hak penggunanya pihak sekolah, karena itu ada direkening, ya dipinjam. Selama itu tidak merugikan, mungkin kalau menurut aturan kami di manajemen sekolah bisa-bisa saja. Kerena penanggulangan sementara sifatnya dan dikembalikan lagi," imbuhnya.

 

 

 

Laporan Reporter Saibumi.com Rusdi

BACA JUGA: Lomba IPTEK Pemprov Digelar di Kampus Teknokrat

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA