Logo Saibumi

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Pelajar Sekolah

Tips Memilih Pinjaman Online Untuk Pelajar Sekolah

Ilustrasi | Learnliberty.org

Saibumi.com - Ekbis, Masalah keuangan seringkali dialami oleh pelajar sekolah. Apalagi yang sekolah di luar kota tempat tinggalnya dan masih mengandalkan uang kiriman orang tua. Walaupun ada pelajar yang sudah berpenghasilan karena kerja paruh waktu, tetapi penghasilannya juga belum maksimal karena waktu dan konsentrasinya harus terbagi antara sekolah dan bekerja. Untuk itu salah satu opsi yang bisa dipilih yaitu adalah dengan mengajukan pinjaman online. Namun, sebelum memilih pinjol simak dulu tips memilih pinjaman online berikut ini:

1. Pastikan Sudah Terdaftar di OJK

BACA JUGA: Kantin Permata Teluk Betung diterpa Isu Tak Sedap, Karyawan terpapar Covid - 19 adalah berita HOAX

OJK | Pinterpandai.com

Tips memilih pinjaman online untuk pelajar sekolah yang pertama pastikan lembaga yang menyediakan pinjaman online sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan pihak yang berwenang mengatur dan mengawasi aktivitas lembaga finansial di Indonesia.
Biasanya pinjaman online legal dan sudah terdaftar di OJK akan mencantumkan keterangan sudah terdaftar di OJK di situs pemberi pinjaman online tersebut. Namun, jika berbentuk aplikasi keterangan tersebut akan dicantumkan di informasinya sebelum download aplikasinya. Hal ini karena, status terdaftar menjadi jaminan bahwa pinjaman uang online mereka aman dan terpercaya.


2. Pelajari Biaya-Biayanya

Jangan karena alasan membutuhkan dana cepat sampai tergiur janji pinjaman online langsung cair semata. Lihat dan pelajari dulu biaya-biaya yang ada di pinjol tersebut. Jumlah biaya ini dan untuk apa harus jelas diberitahukan sejak awal. Berikut biaya yang sering muncul dalam proses pinjaman:

a. Provisi, yaitu biasa sebagai tanda jasa karena pinjaman di-approve (disetujui).
b. Administrasi, yaitu biaya untuk mengurus administrasi pinjaman, kadang disatukan dengan provisi.
c. Denda, biaya yang dikenakan bila cicilan terlambat.
d. Penalti, yaitu biaya yang dikenakan bila pelunasan dipercepat.

Namun, ada juga pinjol yang tak mengenakan biaya provisi ataupun administrasi. Ini cocok Anda dipilih, tetapi lihat juga biaya lainnya, seperti denda seharusnya dihitung per bulan, bukan per hari. Selain itu, tanyakan juga soal biaya penalti, apakah ada atau tidak dan jika ada, bagaimana penghitungannya.

3. Syaratnya Mudah dan Jelas

Ilustrasi | Blog.usccreditunion.org

Syarat pinjaman online langsung cair biasanya lebih mudah daripada kredit biasa dari bank. Kartu identitas sudah pasti jadi syaratnya. Kebanyakan juga tidak mewajibkan mempunyai kartu kredit. Jika ada syarat pinjol yang ganjil, misalnya harus memberikan foto kartu kredit bolak-balik, lebih baik tidak memilih pinjol tersebut. Hal ini karena nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya, terutama tiga digit nomor di belakang kartu. Jika tidak, nomor itu bisa dijadikan alat untuk validasi transaksi.

4. Jumlah Bunga Transparan

Tips memilih pinjaman online untuk pelajar sekolah lainnya adalah penyedia pinjaman online akan sangat terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan besaran bunga transparan. Artinya, mereka akan menjelaskan kapan tempo pembayaran, sampai hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debiturnya. Dengan begitu Anda akan mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu.

5. Situs Digembok

Ilustrasi | Idwebhost.com

Pastikan situs penyedia pinjaman online mempunyai tanda gembok terkunci di sisi kiri atas alamatnya yang bisa dilihat di komputer atau ponsel Anda. Jika ada tanda gembok terbuka atau dicoret berarti keamanannya tidak terjamin. Situs pinjaman online terpercaya harus memastikan ada gembok terkunci di situsnya.

Jika membutuhkan dana cepat karena keperluan sekolah pilih saja Tunaiku, yaitu aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan KTA mudah yang dapat disetujui hanya kurang dari 24 jam. Review aplikasi Tunaiku dari para penggunanya juga telah terbukti sangat baik.
Aplikasi Tunaiku juga menawarkan pinjaman dengan jumlah pinjaman maksimum Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta. Masa pinjaman yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan. Dengan berbagai kelebihan ini tidak heran jika review aplikasi Tunaiku terbilang sangat baik dan memuaskan. Jadi, yuk pakai Tunaiku sekarang!

BACA JUGA: Pemkot Jual Tiga Aset Lahan Reklamasi Senilai Rp 100 M

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA