Logo Saibumi

PKH Yang Disalurkan Selama Tahun Ini Di Lambar Capai Rp24 Miliar Lebih

PKH Yang Disalurkan Selama Tahun Ini Di Lambar Capai Rp24 Miliar Lebih

Saibumi.com (SMSI), Lampung Barat - Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus saat menyerahkan langsung bantuan sosial (Bansos) beras kepada warga yang tercatat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di Pekon Hanakau Kecamatan Sukau.

 

BACA JUGA: Kecelakaan Beruntun 3 Truk di Jalan Soekarno- Hatta (Bypass) Sukarame, Bandar Lampung

Keluarga Penerima Manfaat PKH berhak mendapatkan:
a. Bantuan Sosial PKH;
b. pendampingan PKH;
c. pelayanan di fasilitas kesehatan, pendidikan, dan/atau kesejahteraan sosial; dan
d. program Bantuan Komplementer di bidang kesehatan, pendidikan, subsidi energi, ekonomi, perumahan, dan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 02/3/BS.02.01/01/2020, indeks bantuan sosial PKH sebagai berikut:
Kategori Ibu Hamil Rp 3.000.000,-
Kategori Anak Usia 0 s/d 6 Tahun Rp 3.000.000,-
Kategori Pendidikan Anak SD/sederajat Rp 900.000,-
Kategori Pendidikan SMP/sederajat Rp 1.500.000,-
Kategori Pendidikan SMA/sederajat Rp 2.000.000,-
Kategori Penyandang Disabilitas Berat Rp 2.400.000,-
Kategori Lanjut usia 79 tahun ke atas Rp 2.400.000

 

Bantuan tersebut adalah bantuan selama 1 tahun dan penyalurannya dilaksanakan dengan empat tahap atau seseuai kebijakan Kementerian Sosial
Selain mendapatkan bantuan sosial PKH, KPM PKH juga mendapatkan pembekalan berupa pengetahuan dan ketrampilan hidup yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluargan. Pertemuan yang dilaksanakan minimal satu kali setiap bulan dikemas dalam program Family Development Session (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau dimasyarakat dikenal dengan sekolah PKH.


Tujuan dilaksanakannya kegiatan P2K2 yakni Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku KPM terhadap kesehatan dan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita.

 

Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku KPM untuk perbaikan kualitas pengasuhan dan pendidikan anak di KPM, Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku KPM dalam pengelolaan keuangan keluarga, meningkatkan literasi keuangan, pemanfaatan layanan bank, dan strategi membuka usaha bagi KPM, Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku KPM terhadap pencegahan kekerasan dan penelantaran pada anak.

 

Meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku KPM dalam dukungan keluarga terhadap kesejahteraan lansia dan perawatan disabilitas berat serta meningkatkan kualitas pertemuan bulanan yang diselenggarakan pendamping Kegiatan Program Keluarga Harapan di Lampung Barat dimulai tahun 2013 yang saat ini jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak lebih kurang 17.353 berdasarkan data final closing Tahap II tahun 2021.

 


Jumlah dana yang disalurkan selama tahun 2021 sampai dengan tahap 2 sebanyak lebih kurang Rp 24.134.225.000,- (dua puluh empat miliar seratus tiga puluh empat juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah).

 

Mekanismen penyaluran dari Kementerian Sosial langsung ke rekening masing-masing KPM pada bank yang ditunjuk.

 

Penyaluran dana bansos tahap 3 tahun 2021 direncanakan pada bulan Juli 2021, masing-masing KPM dapat mengecek rekening masing-masing atau berkoordinasi dengan pendamping PKH yang ditunjuk. (*)

 

Reporter Saibumi.com: Edi Saputra

BACA JUGA: Cetak Rekor Tertinggi, Kasus Harian Covid-19 di Lampung



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong