Logo Saibumi

Akibat Covid-19 Terus Melanda, Pengunjung Wisata Di Lambar Turun Drastis

Akibat Covid-19 Terus Melanda, Pengunjung Wisata Di Lambar Turun Drastis

Photo : Edi Saputra

 

Saibumi.com (SMSI), Lampung Barat - Pengunjung sejumlah wista di Lampung Barat turun drastis, hal itu disebabkan wabah yang masih melanda di negeri ini hususnya kabupaten paling barat dari Provinsi Lampung. Tidak sedikit masyarakat yang terkomfirmasi positif covid-19, bahkan hingga meninggal dunia.

BACA JUGA: Tiang Beton Milik PLN, Roboh Timpa Ruko Di Pasar Liwa Lambar

 

"Pasca meningkatnya kasus positif Covid-19 sejak beberapa bulan terakhir, berdampak pada pengunjung wisata, terutama di Kebun Raya Liwa (KRL)," Kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Tri Umaryani.

 

Lebih lanjut Tri mengatakan, yang diatur dalam PPKM skala mikro, pekon (desa) yang berada pada teritorial destinasi wisata diperkenankan dibuka untuk umum dengan ketentuan zonasi.

 

"Peraturan dalam PPKM yakni Pariwisata yang berada dipekon dengan zona hijau atau kuning diperbolehkan dibuka dan melayani kunjungan, sementara untuk zona merah dan orange harus ditutup," kata dia.

 

Masih kata dia, penurunan pengunjung dimasa pandemi dikarenakan pemberlakuannya PPKM bukan hal yang harus disesali, walau pariwisata dituntut produktif dan bangkit pihaknya memprioritaskan aturan yang berlaku.

 

"Semua aspek terdampak akibat pandemi Covid-19 terkhusus sektor pariwisata, namun harus dipahami bersama bahwa keselamatan jiwa dan kemanusiaan merupakan yang utama, kita ikhtiar bersama agar pandemi ini segera berakhir dan pariwisata lekas pulih," harapnya.

 

Sementara itu, Kepala UPT Kebun Raya Liwa (KRL), Khoirul Umur membenarkan keterangan Kepala Disporapar, jika pengunjung memang berkurang, karena masih maraknya masyarakat yang terpapar Covid-19, bahkan untuk wisata KRL sejak awal juli lalu nihil akan kunjungan.

 

"Terhitung sejak 1 juli lalu KRL nihil kunjungan wisatawan, bukan apa apa kan zonasi di Pekon Kubu Perahu tempat dimana KRL ini berada zonasinya naik turun dari merah ke orange, bahkan hari ini zona nya masih orange," pungkasnya.(*)

 

 

BACA JUGA: Mitos dan Kepercayaan Yang Masih Melekat Erat di Masyarakat Yogyakarta



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong